Puskesmas Sokaraja II Memperingati Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke-55 dengan Tema "Gigi Kuat, Tangan Bersih, Badanku Sehat, Jadikan Sampahmu Mutiaramu"

Image

Sokaraja, Puskesmas Sokaraja II News – (03/11/2019) Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Hari itu merupakan momentum bangsa Indonesia untuk menyadari akan pentingnya pembangunan kesehatan. Hari Kesehatan Nasional sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Peringatan HKN biasanya disambut dengan beragam rangkaian kegiatan kesehatan baik di pusat maupun daerah. 

Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kab. Banyumas dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 adalah Jalan Sehat dan Karnaval Germas yang diadakan pada hari Minggu, 3 November 2019 pukul 06.00 WIB - Selesai. Start & Finish di Dinas Kesehatan Kab. Banyumas. Rutenya yaitu Dinkes ke Utara, Pertigaan Pasar Manis ke Barat sampai Stasiun KA Purwokerto, Stasiun lurus ke Selatan sampai Jln. Jend. Soedirman, kemudian ke Timur sampai Pertigaan, Pertigaan Kodim kemudian belok kiri (ke Utara) sampai finish di Dinkes Kab. Banyumas.

Adapun Peserta Jalan Sehat terdiri dari beberapa kontingen, diantaranya Forkompimda Kab. Banyumas, Puskesmas se-Kab. Banyumas, Seluruh Rumah Sakit se-Kab. Banyumas (Pemerintah/ Swasta), Seluruh Institusi Pendidikan Kesehatan se-Kab. Banyumas (Pemerintah/ Swasta), Seluruh Organisasi Profesi se-Kab. Banyumas (IDI, PDGI, IAKMI, PPPKMI, IBI, PPNI, HAKLI, IAI, PERSAGI, dan lain-lain), Pensiunan Dinas Kesehatan Kab. Banyumas, serta Masyarakat sekitar.

Ketentuan Peserta Jalan Sehat dan Karnaval Germas  untuk Seluruh Puskesmas se-Kab. Banyumas :

  • Setiap Puskesmas mengirimkan minimal 15 orang karyawan Puskesmas dan 5 orang Kader Kesehatan
  • Mengirimkan minimal 3 peserta dengan kostum unik (tema kesehatan)
  • Membawa media promosi kesehatan (poster/ banner/ spanduk, dll)

Puskesmas Sokaraja II mengambil Tema "Gigi Kuat, Tangan Bersih, Badanku Sehat, Jadikan Sampahmu Mutiaramu" disertai dengan 2 Maskot Gigi sebagai media Promosi Kesehatan, 5 Karyawati yang mengenakan kostum unik dari pengolahan limbah sampah plastik rumah tangga, serta Karyawan/karyawati dan 5 orang Kader Kesehatan mengenakan atribut media Promosi Kesehatan. Walaupun tidak membawa pulang Juara, namun tetap senang karena dapat turut berpartisipasi didalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Berikut beberapa moment keceriaan yang berhasil didokumentasikan selama kegiatan Jalan Sehat dan Karnaval Germas berlangsung 

        

Jalan Sehat dan Karnaval Germas Puskesmas Sokaraja II /Foto: Istimewa (dok. Puskesmas Sokaraja II)

 

 

 

 

 

Penulis  :  Raafika Dewi Prihandini

Editor    :  Raafika Dewi Prihandini

.

Komentar